JJF2013 + Craig David = Stunning!

March 04, 2013

IMG_20130304_001725
(penampakan gelang penanda masuk Java Jazz Festival 2013)

Hanya satu laki-laki yang mampu menarik saya untuk menghadiri perhelatan akbar bernama Java Jazz Festival di tahun ini, laki-laki itu bernama Craig David. Sewaktu melihat namanya terpampang di billboard Java Jazz Festival 2013 saya otomatis menyeringai penuh kemenangan, plus berteriak dalam hati. AKHIRNYA!!! Craig David mengisi perputaran hidup saya disela-sela Guns N Roses, Nirvana, Bon Jovi, Aerosmith serta Metallica dan juga Iron Maiden. Apa yang begitu istimewa dengan laki - laki ini? Ia bernyanyi dengan soul, tidak kurang tidak lebih. Selalu terasa pas. Pas dengan suasana hati, pas dengan isi diary saya ketika itu.. tepatnya dimulai pada tahun 2000. "7 Days", "Fill Me In", "Rendevous" sampai "Walking Away" membuat saya tak berhenti menuliskan potongan - potongan liriknya di dalam diary saya.

Sesampainya di venue, yakni JIExpo Kemayoran sekitar pukul 18.00pm, saya berkeliling JIExpo dengan pacar saya sambil menyesap beer dan menikmati beberapa band yang sedang bermain di sekeliling venue. Mampir ke beberapa booth yang cukup banyak didatangi oleh pengunjung. Booth yang cukup menarik saya dan pacar saya adalah booth games milik DS Mild. Di booth ini pengunjung bisa bermain satu game dengan hanya mendaftarkan akun social media mereka (Facebook atau Twitter). Game ini bernama High Tone, pengunjung diberikan waktu sekitar 30 detik untuk melafalkan kata "Jazz" dari nada terendah sampai nada paling tinggi yang dapat pengunjung lakukan. Suara tidak diperbolehkan mengayun, harus tegas terdengar lafalan kata "Jazz" nya. Pengunjung yang mampir ke booth ini sangat terhibur dengan suara mereka masing - masing :D saya pun ikutan, walau hanya mendapatkan voucher potongan harga sebesar 10 ribu rupiah dan sticker DS Mild. Mampir ke booth lainnya, yaitu TRAC, sebuah booth tentang perusahaan travel yang memberikan dua kali foto gratis dengan properti yang lucu - lucu, mulai dari bando, wig sampai bubble text yang dapat dipakai pada saat pemotretan.
IMG_20130304_002000
  (foto di TRAC booth)

Setelah puas berkeliling dari satu booth ke booth lainnya, akhirnya saya dan pacar memutuskan untuk mengantri masuk ke special show hari ini, yaitu CraigDavid. Antrian sudah sangat panjang di pukul 19.45pm mungkin ada lebih dari 1000 orang yang mengantri untuk dapat menyaksikan special show ini.

  20130303_194519  
(antrian masuk special show Craig David)

Tunggu punya tunggu punya tunggu, antrian hanya bergerak sesekali dan kondisi yang saya khawatirkan akhirnya datang juga. Hujan. Semua orang yang berada di antrian, termasuk saya tidak ingin bergerak melipir menghindari hujan. Kami ngotot berada di antrian sambil meneriaki panitia-panitia diujung antrian sana xD saya yang sudah tidak tahan dengan kondisi sekitar akhirnya memilih untuk berteriak : "METALLICCCCAAAAA.....!!!!!! HALLELUJAAAHHH....!!!" dan ribuan orang di antrian itu serempak tertawa terbahak - bahak sambil mencari - cari asal suara saya. Puluhan orang di kanan - kiri saya menjawab teriakan saya : "Belum Metallica mbak! masih Craig David" atau : "Salah acara mbak..!" lalu saya menjawab kepada mereka : "If this is Metallica concert, i won't complain!" dan mereka kembali tertawa terbahak - bahak. Senangnya bisa ngelucu diantara mereka semua yang mulai habis kesabaran :')

Antrian mulai maju dengan signifikan, panitia mengedarkan terpal bening untuk menutupi kepala kami yang berada di antrian, walaupun sebenarnya nggak pengaruh sama sekali, toh kami sudah lepek kehujanan :D tapi tak apalah, usaha mereka cukup dapat dihargai. Akhirnya saya sampai diujung antrian dan memperlihatkan gelang saya kepada panitia, setelah itu saya menemukan salah satu panitia wanita yang sedang mengatur antrian untuk masuk, lantas segera memeluknya erat - erat tanpa mengatakan apa - apa. Panitia wanita tersebut kelihatan sangat kebingungan dengan pelukan dari saya, ah.. sebodo amatlah, pikir saya, setidaknya mbak itu bisa merasakan lepeknya badan saya ini.

Masuk ke dalam D1 DS Mild Hall saya kembali berteriak "METALLLIIICCAAAA...!!!" sambil berlari dan langsung kedinginan, hahahahahah.. semua orang kedinginan berada di dalam hall, ada yang memutuskan untuk membeli kaos baru, ada yang pasrah dengan baju yang terlanjur lepek di badan, saya dan pacar saya adalah yang kedua. Pasrah. hahahahahahaha..

Setelah menunggu (lagi) kira-kira 40 menit, pertunjukan dimulai dengan Andien yang mengajak semua audience di hall untuk menyanyikan lagu kebangsaan kami, Indonesia Raya. Momen ini cukup membuat saya merinding, atau mungkin juga karena AC yang cukup kencang ya? hahahhahaha. Setelah menutup lagu kebangsaan, akhirnya Craig David muncul. Dengan mengenakan kemeja putih, dan celana panjang putih, Ia kelihatan sangat berseri-seri menyapa semua audience yang ada di hall malam itu. Senyumnya sumringah, gesture nya sangat ramah, kedipan matanya membuat saya meleleh (cewek - cewek yang lain begitu nggak sih? xD) lagu pertama yang dibawakan olehnya adalah What's Your Flava. Di pertengahan lagu mulai muncul feedback dari sound guitar dan back vocal yang tidak clean. Sempat tidak nyaman, sampai masuk ke lagu kedua, yakni Time To Party. Di lagu ketiga, Hidden Agenda, semua sound mulai clean dan saya mulai menikmati pertunjukan. Selepas lagu ketiga, Craig David mulai menyapa semua orang yang ada di DS Mild Hall dengan aksen british nya yang kental.

IMG_20130304_000251
(Craig David menyapa para penggemar)

Craig David memainkan 6 lagu hits selanjutnya sambil sesekali menyapa para penggemarnya di sela-sela pergantian lagu. Saya terbius dengan performanya malam itu, menyanyikan semua lagunya sambil sesekali berjoget senang. Semua orang di sekeliling saya melakukan hal yang sama, ada juga yang sibuk berpelukan dengan pasangan masing-masing, dan banyak juga hipster yang sibuk mengambil foto dengan tab dan iPad mereka. Ini sangat mengganggu saya sih, nggak tahu orang lain merasa terganggu atau nggak, jadi mengurangi kadar kenikmatan saya untuk menonton pertunjukan yang sedang berlangsung. Daripada cari ribut, saya hanya bisa berkomentar di twitter, hahahahahaha.. semoga para hipster itu diampuni segala dosa-dosanya. Amin.

Panggung sempat kosong selama beberapa menit, backband Craig David kembali ke belakang panggung untuk istirahat, namun tiba - tiba saja sudah ada DJ Deck di tengah panggung bertuliskan "TS 5". Pikiran saya saat itu, mungkin akan ada DJ yang menemani Craig David untuk nge-rap atau pertunjukan DJ saja, nyatanya tidak. Craig David lah yang berada di belakang DJ Deck tersebut dan nge - DJ!! Lagu pertama yang dimainkan adalah "No Scrubs" milik TLC disambung dengan beberapa lagu lama yang saya lupa judul dan nama penyanyinya, lalu satu lagu milik Ne-Yo yang berjudul "So Sick" disambung lagi dengan satu lagu milik Michael Jackson yang saya lupa (lagi) judulnya, penutupnya adalah satu lagu milik Rihanna yang berjudul "We Found Love". DS Mild Hall malam itu seolah bergetar, Craig David berhasil menghibur semua orang malam itu, tidak hanya dengan lagunya, namun juga dengan pertunjukan nge - DJ nya :D

IMG_20130304_001352
(Craig David dan DJ Deck nya)

Setelah selesai bermain-main dengan DJ Deck nya, Craig David kembali bernyanyi beberapa lagu, lalu memperkenalkan para personil back band nya kepada audience sambil diiringi tepuk tangan. Craig David menutup pertunjukan malam itu dengan lagu hits nya yang berjudul "Insomnia" dan kembali membuat DS Mild Hall bergetar. Siapa yang mampu melupakan "Insomnia" ? lagu tersebut sempat menghiasi setiap club yang ada di Jakarta dan menjadi salah satu lagu terfavorit para clubbers sepanjang masa. Setelah lagu tersebut berakhir, saya langsung keluar hall dan menuju toilet, hampir 2 jam menahan pipis demi pertunjukan seorang Craig David cukup berharga sih :D akhirnya saya bisa pipis dengan tenang, hehehehe.. Eh, ternyata.. "Insomnia" tidak menjadi lagu penutup pertunjukan malam itu, Craig David memberikan encore nya dengan lagu "7 Days" !! ah, saya tak sanggup lagi kembali ke dalam hall dan saya memilih untuk pulang sambil kehujanan :D

Saya sempat mengetik sendiri Set List pertunjukan Craig David kemarin malam :D mungkin ada yang salah atau terlewat, harap maklum yes :

1. Indonesia Raya (pembuka special show, dinyanyikan oleh Andien)
2. What's Your Flava?
3. Time To Party
4. Hidden Agenda
5. Break
6. Walking Away
7. Rise And Fall
8. Love You No More
9. Rendevous
10. All The Way
11. TS 5 DJ Deck
12. Rewind
13. Fill Me In
14. Introduce Backband & singing Happy Birthday to his bass guitar player
15. Insomnia
16. 7 Days

You Might Also Like

0 comments