Dunia Kedua

September 23, 2015

fire


Wahai budak korporasi, tidakkah kalian melihat bayangan diri kalian di hadapan cermin lantas merasa bosan?

Bosan dengan rutinitas.
Bosan dengan personal packaging kalian setiap harinya.
Bosan dengan setumpuk tenggat waktu yang seolah tak akan terselesaikan.
Bosan dengan ketergantungan kalian satu sama lain.
Bosan dengan runutan perjalanan 24 jam satu hari yang hanya tentang Dunia Kedua kalian.

Seno Gumira Ajidarma pernah berkata bahwa ; "Mobil adalah Dunia Ketiga setelah rumah sebagai Dunia Pertama, dan tempat kerja sebagai Dunia Kedua." di mana, pada prakteknya, tempat kerja kebanyakan menjadi Dunia Pertama ketimbang menjadi Dunia Kedua.

Kita berduyun-duyun, berbondong-bondong, menuju tempat yang sama, di mana tempat itu telah kita berikan lebih dari setengah waktu hidup kita, dan kita dengan "sukarela" melakukannya berulang-ulang, berulang-ulang, sampai akhirnya kita memutuskan untuk tidak lagi kembali ke sana dengan beberapa alasan, yang sedikit-banyak, klise. Atau memang sudah terencana dengan matang. Semacam REPELITA, seperti jaman Alm. Bapak Soeharto dulu.

Yang sedang trend 3 tahun belakangan ini di circle saya adalah "Take a Leap of Faith". Leap of Faith soal pekerjaan, Leap of Faith tentang pasangan hidup, Leap of Faith pengajuan kenaikan gaji, dsb. Padahal saya kepengen banget dengar, kalau ada orang terdekat di dalam circle saya mengatakan : "Saya pengen take a leap of faith untuk urusan mental saya." Tapi toh nyatanya nggak ada, dan bahkan saya sendiri masih berada di tempat yang sama. Tidak ke mana-mana.

Lalu sepanjang perjalanan pulang tadi, saya mendengarkan 1 lagu ini... dan ingin sekali "membakar" segala hal yang ada di sekeliling saya, tanpa mau peduli apapun lagi. Pokoknya yang penting, mereka semua (dalam wujud benda dan manusia) terbakar hangus bersama saya, supaya saya nggak terbakar sendirian. Bila Tuhan mengijinkan, saya kepengen juga menjadi manusia yang egois. Tapi ndilalah, Tuhan masih kasih saya akal sehat.



I just wanna set you on fire
So I wont have to burn alone
Then you, then you'll know where
Im coming from, Fire bomb...

Cipete, 22 September.

You Might Also Like

0 comments