Bertambah Usia Bersama Pandemi

March 28, 2020



Sejak dua minggu lalu, gue melihat banyak sekali postingan meme yang berisi soal orang-orang yang akan merayakan ulang tahun mereka di bulan ini, dan kemungkinan besar di bulan depan juga masih bersama pandemi #COVID19. Reaksi pertama gue sewaktu melihat dan mencerna meme itu adalah tertawa terbahak-bahak sampai menangis. Kesal sudah pasti, tapi karena gue bukan scientist atau para dokter, perawat dan siapapun mereka diluar sana yang sedang berjuang untuk keberlangsungan hidup manusia di jagat raya ini, ya sudah, gue ikuti semua imbauan pemerintah sebaik-baiknya. Tetap #DirumahAja supaya bisa #FlattenTheCurve.

Semalam tepat jam 00.00 WIB, orang pertama yang video call gue adalah Dean Benitez, Ito kesayangan yang profesinya sebagai penyiar di salah satu radio di Jakarta. Hari ini memasuki hari ketujuh beliau tetap harus bekerja dan tidak bisa bertemu dengan keluarga, terutama anak laki-lakinya. Setelah mengucapkan selamat ulang tahun sembari pamer koleksi stok alkohol, kami bercerita, memaki, tertawa bersama via video call sampai larut malam. Gue ingat, kemarin sore itu sebelum live di Instagram bareng sama Tata Trianti, beliau ngomong gini : 

"People at their boiling points and showing their true colours in times like this, but we don't have to be like them Ito." 

Iya, bahkan dalam kondisi pandemi seperti ini, masih ada saja orang-orang yang berusaha memanfaatkan keadaan, memanipulasi, menipu, tidak mengikuti imbauan yang ada dsb. Atau ada juga yang lantas jadi sumbu pendek, lekas curiga, serba paranoid dsb. Hal yang pertama jelas mendingan kita bangsat-bangsatin, kalau kenal secara personal, tegur keras saja, daripada merugikan banyak orang. Kalau hal yang kedua, ini tidak bisa terhindarkan, karena setiap detiknya kita semua menerima informasi terkait pandemi ini dari segala arah, dari semua penjuru dunia, dan ini membuat mental kita terkikis pelan namun pasti. Itu kenapa gue selalu mengingatkan diri sendiri dan semua orang supaya STAY SANE. Bukan apa-apa, kalau mental kita sudah beneran nggak kuat, imun di badan juga pasti ketularan.

Lalu ingat satu hal... Pertengahan bulan kemarin, salah satu teman baik yang salah satu profesinya adalah tarot reader, Kak Dika, mengingatkan gue untuk take things very slow. Katanya : "Semesta sedang meminta kita semua untuk menjalani semuanya perlahan-lahan kak, buat rehat dari segala macam ngebutnya dunia kita sehari-hari. Kak Ega juga harus begitu ya..." sembari untuk tetap mengingat pesan tersebut, ya sudah, gue ikuti saja arus yang ada sekarang seperti apa. WFH yang beneran kerja supaya tetap efektif dan efisien dan berharap kontribusi gue ini bisa bantu untuk #FlattenTheCurve. 

Sejak pagi tadi, rumah gue kedatangan banyak sekali abang Go-Send, kebanyakan teman-teman terdekat mengirimkan kue ulang tahun, hasil masakan mereka sendiri dan banyak lagi. Kedua adik gue menghadiahi gue Sajadah baru yang tebal, supaya dengkul nggak biru-biru lagi :)) dan juga donat favorit! Ini saja sudah bikin gue mbrebes mili... Nggak menyangka, bahkan dalam kondisi seperti ini, masih ada yang mau meluangkan waktu untuk mengirimkan hadiah buat gue. Belum lagi yang mengucapkan via Twitter, Instagram, Facebook, WhatsApp Group, Telegram Group, Email, semuanya bikin gue mbrebes mili. Bukan apa-apa, gue nggak tahu apakah gue akan berhasil survive melewati pandemi ini atau nggak. Manusia boleh berencana, Tuhan yang menentukan. 

Oh begini rasanya bertambah usia bersama Pandemi :)) pada akhirnya, gue memilih untuk jogetin saja, biar nggak gila. Menjaga diri supaya tetap waras dan sehat itu yang utama sekarang. 

Selamat ulang tahun untuk kita semua yang merayakannya hari ini ataupun sampai Pandemi ini masih berlangsung nanti. Kalau kita survive melewati ini semua, akan ada hari dimana kita bisa menceritakan ini ke anak-cucu kita nanti : "Long story short, we had WW3, human VS deadly virus. Luckily we survived. HA." kira-kira begitu :)) 

Please stay SAFE, SANE and HEALTHY guys. We're all in this together, reach out your friends and family, tell them you care and love them. Nevermind the darkness we'll still can find a way.  One more thing, when this is all over, DO NOT TAKE THINGS FOR GRANTED, EVER

South Jakarta, 28th March 2020
"Dance to This" - Troye Sivan feat. Ariana Grande

You Might Also Like

0 comments