Bitterness

June 27, 2023

 

(Bali Sunset by Stijn Djikstra - Pexels)

Tidak akan pernah ada jalan pintas menuju kemerdekaan. Merdeka dari luka masa lalu yang membelenggu. Merdeka dari rasa bersalah atas segala hal buruk yang telah diputuskan dan dijalani. Merdeka dari ingatan-ingatan menyakitkan, yang mampu membangkitkan orang-orang mati dari kuburnya. 

Merdeka dari segala penyesalan atas segala hal yang mampu membakar bara api amarah menyala, panas, terang benderang, menari-nari menghantui waktu yang sedang berjalan.

Janji manis orang-orang yang sedang dimabuk cinta, tak kalah basinya dengan janji-janji para politikus menjelang PILKADA maupun PILPRES. Dibungkus dengan sangat cantik, terlihat dan terdengar manis, layaknya permen lilin yang dijajakan di pintu gerbang Sekolah Dasar pada zaman dulu. Namun saat lidah mencecapnya, BASI. GETIR. Tak sesuai ekspektasi sama sekali. Penuh tipu daya yang menggiurkan.

Adiksi dari segala sweet nothing itu membuat kita semua tak berdaya. Sakaw akannya. Rela mengais-ais tong sampah maupun tanah, memohon agar segera dipenuhi. Tanpa sadar, justru kita membiarkan diri kita sendiri tenggelam ke lubang hitam yang entah kapan bakal punya belas kasihan dan melepaskan kita pergi, merengkuh kesempatan serta harapan baru untuk hidup satu hari lagi.

Meja judi bernama CINTA ini memanglah pedang bermata dua. Enggak tahu kapan akan mampir. Enggak pakai permisi pun, seringkali kita biarkan masuk, menyusup, lantas mengobrak-abrik tanpa ampun. Bangsat, bukan?

Honeymoon phase pun enggak akan bisa kembali lagi, saat pondasi utama runtuh, hancur lebur, bersamaan dengan ekspektasi yang tengah digantung para penjagal yang bersiap mengeksekusi mati.

Dulu sekali, kawan lama pernah berpesan; "You need to stop being bitter to get better." waktu itu gue cuma bisa tertawa saja, lantas hari ini gue akhirnya bisa menjawab balik pesan tsb;

"The bitterness that keeps me aware and alive. Because in terms of this love gambling table, you still gotta need that, to keep your sanity in check."


Ubud, 27th June 2023
"Beautiful" - Eminem

You Might Also Like

0 comments