Iman Siapa Yang Paling Lemah?

June 10, 2016

ramadan
(Pic taken from Google)


Disadari atau tidak, setiap tahun bulan Puasa kembali datang, masalah yang sama pun pasti akan timbul. Pelarangan warung/rumah makan/tempat hiburan dibuka, sanksi dari pejabat daerah kepada warganya yang nggak melaksanakan puasa, sampai dicaci-maki lewat pengeras suara yang ada di Musholla ataupun Masjid.

Bokap-nyokap gue adalah figur kedua orang tua Muslim yang taat, selalu mengikuti aturan agama, tapi gue sebagai anak malah jatuh jauh dari pohonnya. Alias bukan muslim yang taat-taat banget. Gue beribadah menurut keyakinan gue, bukan dengan stempel agama yang dikasih bokap-nyokap, lantas terisi di KTP gue. Gue yakin Tuhan itu ada, dan gue yakin agama itu cuma dogma, kendaraan yang digunakan untuk menuju ke jalan Tuhan. Itu saja.

Terus, apa gue pernah negeledekkin orang-orang yang beragama sesuai dengan keyakinan mereka? Pernah. Misalnya, ngeledek orang-orang yang ngegelar pengajian sampe nutupin jalan raya, dan akhirnya banyak orang dirugikan. Atau, pas dengerin ustadz/ustadzah yang ceramah disisipi caci-maki, dan ngejelekkin agama lain. Level ngeledek gue sampe situ. Selebihnya mah, lu-lu, gua-gua. Elu nggak colek gua, gua santai aja. Dan gue berharap sebaliknya, tapi ceu.. ini Indonesia ya, jadi nggak bisa berharap banyak-banyak.

Oke, siang menuju sore tadi, gue mendapati 2 hal. Yang pertama adalah ini :

mokel puasa

Gimana? Keren? Lucu? Ironis? Ngeselin? Yang pasti, sewaktu gue baca berita ini, rasanya campur aduk. Antara : HAM KE MANA? SIAPA ELU NGURUSIN MEREKA MAU MAKAN KAPAN? BUSET, MALU LAH KALAU BERITA INI DILIHAT MEDIA LUAR, dsb. Yang pasti semuanya pake capslock. Berita selengkapnya ada di sini.

Yang kedua pas tadi lagi ngebut ngerjain deck bareng Ndigun di teras kantor, sudah biasalah ya jam-jam menjelang buka puasa, pak ustadz mulai mengaji. Yang bikin istimewa adalah, di tengah-tengah sesi belio ngaji, tiba-tiba belio teriak pake mic masjid (di Twitter gue bilangnya musholla, tapi ternyata masjid, so my bad) dengan nada ngotot :

"WADUH! ITU YANG NGEROKOK DI JALANAN ENAK BANGET!! HARGAIN YANG PUASA WOI!!!"

Lalu belio balik ngaji lagi.
Dan..

"WOI!! HARGAIN WOI!!!"

Lalu balik ngaji lagi.

Gue yakin, seluruh penjuru bangka raya, atau paling nggak radius sekian ratus meter, bisa denger tuh teriakannya belio yang pake mic masjid. Dengan kondisi takjub, setengah nggak percaya, gue berhenti kerja, lalu geleng-geleng kepala. Hacep karena sikap pak ustadz yang tadi.

Memangnya cuma karena rokok, niat berpuasa pak ustadz bakalan luntur? Memangnya kalau rumah makan/warteg/tempat hiburan dibuka selama bulan berpuasa, bikin orang langsung nggak kepengen puasa? Buat gue, cuma orang yang cemen secara niat, yang bisa nggak berpuasa karena dia ngeliat orang lain ngerokok/minum/makan/main ke tempat hiburan. Lah, segitu doang kadar keimanan elo? Pantesan teriaknya paling kenceng.

Gue bersyukur, alhamdulillah, rekan-rekan se-kantor gue dari jaman dahulu kala sampe yang sekarang ini imannya pada kuat-kuat banget. Bisa brainstorming sama gue ketika mereka puasa, dan gue dengan santainya ngerokok/makan/minum di depan mereka, bisa tetap produktif dan nggak menjadikan alasan mereka berpuasa untuk males-malesan, bisa tetap kreatif walaupun asupan makan minumnya sedang dibatasi oleh waktu dan aturan berpuasa. Mereka adalah orang-orang yang kadar keimanannya tinggi, dan niatannya kuat. 

Setiap kali gue mau makan/minum/ngerokok di dekat kolega/partner/teman yang sedang berpuasa, pasti gue akan minta maaf terlebih dahulu, kalau mereka keberatan, gue akan menjauh. Tapi biasanya permintaan maaf gue ini cuma disambut dengan :

"Silakan loh ga, santai aja, kayak bocah aja kalo ada temen nggak puasa dikatain/diambekkin."
Lalu kami akan tertawa.

Jadi siapa sih yang imannya paling lemah? 
Ya gue lah, lah wong gue yang bikin tulisan ini, kan gue orang beragama Islam tapi nggak puasa.

Bangka, June of 10th 2016
"Obrolan Buka Puasa Bersama Kolega Di Kantor" - reKreasi team

You Might Also Like

0 comments