Local Hospitality Jambal Pete

December 03, 2015

tumis jambal pete 
Tumis Jambal Pete

Jadi kemarin sudah masak tumis Jambal Pete Wortel, dan sejak kemarin pula banyak teman-teman yang kepengen banget nyobain, berkat kucuran dana segar dari Mz Pacar :P maka pagi tadi masak lagi deh buat beberapa teman baik di kantor lama, dan juga sahabat-sahabat saya yang sering kirim makanan buat saya :D semoga mereka nggak menyesal makan hasil masakan saya ya ~

Sambil menunggu pesanan Jambal Pete mereka sampai, saya pengen share resepnya nih di sini, biar ada update-nya sekalian ye kan :P Sebenarnya waktu ndilalah bisa masak ini karena beberapa tahun lalu di kulkas hanya ada bahan-bahan ini, jadi yah.. kenapa nggak dicoba. Biar nggak kelaperan juga cuy~

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1/4 kg Ikan Asin Jambal
2 bh Wortel
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 bh pete kupas
5 bh cabe rawit merah
3 bh cabe merah keriting
2 sendok makan saus tiram
2 sendok makan minyak goreng
500ml air
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Cara memasak :

* Rendam ikan asin jambal selama kurang lebih 10 menit, setelah itu tiriskan dan potong dadu.
* Kupas wortel, cuci sampai bersih, lalu potong sesuai gaya yang diinginkan :P (serong samping atau bulat)
* Kupas bawang merah dan bawang putih, lalu iris tipis bersama pete dan cabe.

* Panaskan wajan bersama dengan minyak goreng, setelah panas goreng ikan asin jambal sampai kering, lalu tiriskan terpisah. Panaskan kembali minyak goreng lalu masukkan irisan bawang terlebih dahulu. Setelah tumisan bawang berbau harum, masukkan wortel dan aduk hingga setengah matang, lalu masukkan 500ml air.

* Setelah rendaman wortel dan cabe sudah sedikit mendidih, masukkan ikan asin jambal yang sudah digoreng sebelumnya, aduk merata, lalu masukkan 2 sendok makan saus tiram, gula dan garam secukupnya, lalu aduk kembali. Setelah merata, masukkan irisan pete, daaaannn.. jadi deh! Tumis Jambal Pete bikinan kamu sendiri!

Biar lebih mantap, tambahkan sedikit bawang goreng sebelum disajikan, dijamin harumnya bikin pengen buru-buru makan :D selain ikan asin jambal, kamu juga bisa ganti dengan bahan yang lain kok, seperti Udang atau Cumi. Karena seafood biasanya jodonya adalah saus tiram!

Selamat mencoba, dan selamat makan! Semoga kalian selalu berbahagia ~

You Might Also Like

0 comments