Tempting Tumis Cumi Pete Cabe Ijo

December 02, 2015

tumis pete cabe ijo
Tumis Pete Cabe Ijo

Sudah lama nggak update cerita serta curahan hati di sini :P eh ndilalah siang ini dapat ilham untuk nge-post lagi. Ya tapi kali ini nggak soal album, lagu atau sesi cinta dan ranjang bergetar, melainkan hobi saya yang satu lagi, yaitu MASAK.

Sejak kemarin saya resmi menjadi self-employed alias freelancer alias nggak ngantor :D rasanya apa? Senang, deg-degan, excited, bosan, bercampur jadi satu! Deg-degan karena biasanya pas bangun tidur cek HP langsung baca grup WA atau baca email klien, sekarang mah bisa work out kecil-kecilan dulu. Sit up-push up-jogging kurang lebih 45 menit. Setelah itu bikin sarapan bareng pacar.

Kemarin siang saya masak "Tumis Cumi Pete Cabe Ijo" untuk makan siang, setelah itu ya humble-brag lah di semua akun social media saya :P banyak yang langsung kepengen, ngiler atau minta resepnya. Itu kenapa sekarang saya nge-blog lagi nih, buat share resep masakan ala saya ini :D semoga barokah dan bermanfaat yes!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

16 ekor cumi asin ukuran sedang (boleh lebih, boleh kurang)
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah cabai hijau besar
1/4 gula merah
4 buah pete kupas
2 buah wortel ukuran sedang
2 sendok makan minyak goreng
Gula pasir secukupnya
Garam dapur secukupnya

Cara Memasak :

* Kupas bawang merah dan bawang putih, lalu iris tipis.

* Potong cumi, wortel, cabai hijau dan pete sesuai gaya yang diinginkan :D

* Panaskan wajan lalu tuang minyak goreng, setelah panas, goreng cumi yang sudah dipotong sampai setengah matang, tiriskan. Tumis irisan bawang merah & bawang putih sampai harum.

* Setelah tumisan bawang berbau harum, masukkan wortel, cabai hijau dan gula merah, tumis kembali sampai setengah matang. Setelah itu masukkan 2 gelas air putih (gelas ukuran sedang), lalu masukkan cumi yang sudah digoreng sebelumnya aduk sampai merata, berikan garam dan gula secukupnya.

* Sebelum angkat cumi yang sebentar lagi matang, masukkan potongan pete, lalu aduk kembali sampai merata, dan cicipi sedikit. Bisa tambahkan bumbu untuk menambah rasa.

* Angkat tumisan cumi yang harumnya sudah bercampur dengan pete, lalu hidangkan bersama nasi panas, sambel goreng terasi dan KERUPUK!

Gitu deh tumis pete cabe ijo ala @mpokgaga, salah satu teman baik di Bali yaitu Mz Nicodemus Freddy penggagas (((KASETKULCHA)) sudah mencoba resep ini, dan hasilnya ada di laman Path beliau :D selamat mencoba dan hati-hati kolesterol ya gaes!

You Might Also Like

0 comments