Big Leap In The Middle of Uncertain Times

November 17, 2020

person-jumping-sunset

Bulan September lalu, gue menulis begini : "Sudah sejak beberapa minggu lalu, gue perlahan menjabat erat mimpi-mimpi masa depan gue dan mengucapkan perpisahan sementara kepada mereka semua. Bukan apa-apa, kalau ini nggak gue lakukan, gue takut gue malah terjebak di kubangan kekesalan dan malah nggak moving forward to survive this fucked up year." elo bisa baca tulisan lengkapnya di sini.

Hari ini, akhirnya gue menyambut kembali salah satu mimpi masa depan gue dan kami akan mempersiapkan untuk melakukan sebuah lompatan besar yang sudah gue tunggu-tunggu sejak lama. Atau lebih tepatnya, I've been waiting for this big leap since 2016. Walau tempat yang akan gue tuju nggak masuk ke dalam urutan yang pertama, tapi paling tidak bisa gue jadikan pijakan supaya bisa menuju ke target gue. Because for me, life's all about how you take those little steps (and some times big leap) then keep moving forward.


Manusia Berencana, Tuhan dan Semesta Yang Menentukan

Gue masih setuju serta melakukan hal yang gue tuliskan di sini, soal menjalani keseharian tanpa perlu membuat rencana besar, konteksnya tentu saja berkaitan erat dengan Pandemi yang masih terjadi. Itu kenapa, seperjalanan sejak tulisan itu naik, sampai hari ini, gue menyerahkan segalanya di tangan Tuhan dan semesta bikinan-Nya.

Karena buat gue akan menjadi percuma, kalau gue bikin segala macam rencana besar, dalam kondisi yang nggak pasti kayak sekarang, dan memaksakan diri untuk bisa mewujudkan semual hal itu. Sudah capek sama kondisi, pun ditambah dengan beban yang sengaja dibikin lalu makin overthinking. Syukur nggak mati berdiri, ye kan?

Surprisingly, God and universe give me this opportunity untuk bisa menyambut kembali mimpi masa depan gue, hari ini. Jangan dipikir buat gue sampai di titik ini tuh tanpa proses, tanpa nangis gegerungan ke beberapa orang support system gue, tanpa kepala dipenuhi segala macam kekhawatiran, tanpa nulis di jurnal yang penuh dengan berbagai macam skenario buatan buat menciptakan langkah-langkah preventif. There's no such thing like that. I don't like those process FFS, but I still gotta confront and deal with it anyway. That's life.


Tahu Batas Kemampuan = Tahu Diri

Buat gue, dengan elo tahu batas kemampuan diri elo sampai mana, sama dengan tahu diri elo itu siapa dan di mana sebaiknya elo berpijak, menempatkan diri elo. Dan itu yang selalu berusaha gue lakukan, professional dan personal. It's not like you're a quitter after you decided to quit your job, or not to run your business anymore, or dealing with toxic people around you. Buat gue, justru di momen inilah elo tahu betul batas kemampuan elo sampai di mana untuk bisa overcome the situation/obstacles. Once you make the decision, there's no turning back. Could hurt your neck literally, if you get what I'm trying to say here.


Tolong, Maaf dan Terima Kasih

3 kata sakti ini nggak melulu kudu elo kasih ke orang lain, tapi juga bisa elo kasih ke diri elo sendiri, Tuhan dan semesta. Do you think that I'm going to be a preacher on this context? Sorry to let you down, I'm not going to do that. Tapi gue melakukan ini, semenjak Pandemi terjadi. Like I always told you, in all of those channels, there's always a silver lining for everything. Including this fucked up Pandemic. Dan gue sudah kehilangan sahabat terbaik, orang-orang penting di hidup sahabat-sahabat gue, karena Pandemi ini. Begitu juga dengan banyak orang di luar sana.

So why don't you help yourself first, then help others that in need? Nggak cuma bantu soal urusan material kan? Your supports means a lot. Say you're sorry if you make mistake, apologise to them in sincere attitude, and if you can show them that you can change, do it. You still have time to do that.

And thank God and the universe that you're still here, then thank yourself even more, because you still survive during this hard times. Your basic human decency and moral compass is worth more than a billionaire's assets.

Hang in there, we're all in this together. All of us, will going to take a big leap in the middle of this uncertain times, trust me.


South Jakarta, 17th November 2020
"By My Side" - Belmont

You Might Also Like

0 comments