2,5 Bulan Menuju Akhir Tahun 2020

October 21, 2020

 


Menurut Google Trends, tahun 2019 adalah tahunnya pencarian para pahlawan yang tersebar di jagat raya ini. Mulai dari orang-orang yang profesinya memang beririsan tipis sekali dengan predikat pahlawan, pahlawan yang jarang kelihatan di dunia nyata, sampai pahlawan beneran, semuanya dirangkum di dalam video Year in Search 2019 ini.


Long Weekend Dan Penambahan Kasus COVID-19

Minggu depan kita bakal ada long weekend yang mana bertepatan dengan hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Karena jatuhnya di hari Kamis, pemerintah memutuskan untuk sekalian deh bikin cuti bersama. Momen yang biasanya gue sambut dengan penuh suka cita, karena bisa binge watch lalu tidur seharian, kali ini justru malah bikin anxious.


Nggak ada long weekend saja, penambahan kasus COVID-19 di Jakarta dan beberapa kota lainnya malah makin tinggi, padahal kita sudah selesai PSBB transisi tahap 2, masa iya nggak ada gambaran kurva penularan COVID-19 di Indonesia ini bakalan melandai dalam waktu dekat?

Bunga Matahari dan Pahlawan

Gue nggak akan kaget kalau hasil pencarian di Google pada tahun ini perubahannya signifikan dan berkaitan erat dengan Pandemi. Lha ya wong this gig been happening globally kok. Akan kaget kalau misalnya ada hasil pencarian yang sama sekali nggak berkaitan, misalnya "pesugihan gunung kemukus tetap buka" atau "anak indigo bertemu dengan nyai roro kidul", I would be very surprise if those search appears on the highlight.

Tahun 2019 lalu salah satu lagu yang paling sering didengarkan oleh penduduk dunia adalah "Sunflower"-nya Post Malone feat. Swae Lee. Tahu nggak kalau Bunga Matahari itu merupakan simbol dari kesetiaan dan umur panjang? Karena kemampuan si Bunga Matahari dalam mempertahankan keindahannya untuk bisa menghadapi faktor lingkungan di sekitarnya, dan ini nggak dimiliki sama bunga yang lain. This flower's adaptability are kicking ass.


Buat gue relevansinya sama hasil pencarian orang di Google dengan lagu ini adalah gimana seorang Pahlawan itu bisa terus setia sama apa yang dia lakukan untuk orang-orang yang dilindunginya, sekaligus memiliki umur yang panjang. Dan umur panjang di sini, menurut gue nggak mesti harfiah, legacy adalah bagian dari si umur panjang tersebut.

Menjadi Pahlawan Untuk Diri Sendiri dan Lingkungan Terdekat

Lantas kita semua bisa ngapain 2,5 bulan ke depan, sambil menyambut akhir tahun 2020 yang sungguh sangat spesial ini? Jaga kewarasan dan kesehatan, jadi pahlawan buat diri kita sendiri dan lingkungan terdekat. Pahlawan nggak mesti ada di bawah sorotan lampu, dengan elo nggak melakukan self-loathing/self-sabotaging saja sudah berhasil menjadi pahlawan buat diri elo sendiri. Bayangkan energi positif yang bakal elo hasilkan dan berikan ke lingkungan terdekat ketika elo melakukan ini. Priceless and peaceful.

Kita semua membutuhkan sedikit rasa damai di tengah-tengah ketidakpastian ini, dan kita bisa melakukannya dengan langkah kecil sesuai dengan kemampuan diri kita sendiri. Nothing is impossible, lha wong Donald Trump saja bisa jadi presiden Negara adidaya kok... kita juga pasti bisa berjuang dan bertahan sedikit lagi sampai tahun ini berakhir.

Ingat, di malam pergantian tahun nanti, sematkan doa-doa terbaik elo buat semua orang yang elo kasihi dan benci, kita semua butuh untuk saling menguatkan satu sama lain. Berkat hal tersebut, kita masih dikasih waktu buat menjadi manusia seutuhnya sekaligus meringankan beban yang nggak kasat mata.

South Jakarta, 21st October 2020
"Sunflower" - Post Malone feat. Swae Lee

You Might Also Like

0 comments